EFEK NAUNGAN DAN ASAL ANAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN EBONI (Diospyros celebica Bakh.)

Wirianto Rahman, Muh. Nurdin Abdullah
| Abstract views: 208 | PDF views: 310

Abstract

Percobaan pengaruh naungan dan asal anakan eboni terhadap pertumbuhannya, telah dilakukan dj Persemaian Hutan Pendidikan Universitas Hasanuddin, Bengo, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan selama tiga bulan. Rancangan yang digunakan adalah split plot design dengan dua faktor yaitu naungan dan asal anakan. Asal anakan sebagai petak utama terdiri dari dua tingkat, dan naungan sebagai anak petak ke dua terdiri dari empat tingkat Analisis data dengan menggunakan analsis sidik ragam, dan diuji dengan metoda Beda Nyata Jujur (BNJ). Naungan 50% secara nyata, meningkatkan pertumbuhan diameter balang dan jumlah daun dengan nilai 0,09 mm dan 4,9 lembar, sedangkan naungan 75% lebih meningkatkan pertumbuhan tinggi dengan nilai 1,52 cm. Sedangkan untuk asal anakan, basil percobaan menunjukkan bahwa anakan eboni asal tegakan hutan alam,lebih baik dalam pertumbuhan diameter batang dan jumlah daunnya. Interaksi antara naungan dan asal anakan eboni secara nyata lebih meningkatkan pertumbuhan tinggi anakan dengan pertumbuhan yang terbaik dijumpai pada anakan alam. Untuk pengadaan bibit eboni yang bermutu baik dapat dikembangkan dari anakan alami dan persemaian dengan memberi naungan 50% -75%, dan khususnya untuk bibit anakan asal persemaian pada medium tumbuhnya perlu dicampur dengan tanah humus yang berasal dari tanah pada daerah perakaran pohon induk eboni.

Keywords

Naungan, pertumbuhan eboni, Diospyros celebica Bakh.

Full Text:

PDF

References

Anonim, 1979. Pedoman Teknis Penanaman Eboni. Direktorat Reboisasi dan Rehabilitasi-Departemen Kehutanan. Jakarta.

Chairil AS dan Nurhadi, 1991. Percobaan Penanaman Mahoni (Switenia macrophylla) dan Eboni (Diopyros Celebica Bakh.) pada Empat Jarak Tanam Lamtorogung. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan. Bogor.

Fitter AH and Hay RKM. 1981. Environmental Physiology of Plant. Academic. London, pp. 84 -141.

Gomez KA and Gomez AA. 1976. Statistical Procedure for Agricultural Research with Emphasis on Rice. The International Rice Research Institute. Los Banos.

Hendromano, 1995. Pengaruh Skarifikasi dan Ukuran Benih Eboni (Diospyros celebica Bakh.) Terhadap Perkecambahan dan Pertum-buhan Awalnya. Bulletin Penelitian Hutan No. 594. Pusat Litbang Hutan dan Konservasi Alam. Bogor.

Kramer PJ and Koozlowski TT. 1979. Physiology of Woody Plants. Academic. New York, London.

Suhardi and Darmawan, 1991. Effect of Light Intensity, Soil Type and Inoculation on Mycorrhizal Formation and Initial Growth ofShorea bracteolata Seedlings. Annual Report Pusrehut 1,47-62.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.