ASPEK EKOFISIOLOGI DALAM PENGELOLAAN DAN PELESTARIAN EBONI (Diospyros celebica Bakh.)

Samuel A Paembonan
| Abstract views: 1549 | PDF views: 3474

Abstract

Pengetahuan ekofisologi eboni penting dalam penerapan sistem silvikultur hutan alam karena setiap jenis mempunyai reaksi yang berbeda terhadap faktor lingkungan yang berbeda dan pada tahap yang berbeda pula.Penelitian ekofisiologi juga berperan dalam pengelolaan dan pelestarian eboni.Informasi tentang penyesuaian antara faktor fisiologi dan faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap metoda pemeliharaan permudaan eboni yang tepat, baik di hutan alam maupun pada hutan tanaman dibahas dalam tulisan ini.Hasil akhir dari pemantapan metode ini dapat dijadikan bahan kajian lebih mendalam untuk menyusun pedoman teknis pemeliharaan permudaan alam eboni baik secara ex-situ maupun in-situ.Berdasar pada penelitian yang berhubungan dengan faktor lingkungan tumbuh eboni yang telah dilakukan, disarankan beberapa prioritas penelitian ekofisiologi.

Keywords

eboni, Diospyros celebica, ekofisiologi, budidaya, pelestarian

Full Text:

PDF

References

Clearwater M. 1995. Seedling Physiology Research. ODA-UK Tropical Management Program. Institute of Ecology and Resource Management. The University of Edinburgh.

Hadrianto D. 1996. Peluang Riset Ekofisiologis di Hutan Hujan Tropis Dipterocarpaceae di Indonesia. Laboratorium Silvikultur, Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman, Samarinda.

Manan S. 1991. Pengelolaan Hutan Alam di Indonesia Prosiding Seminar Sehari pengelo-laan Hutan Alam di Indonesia. Kerjasama IPB dengan Departemen Kehutanan.

Pearcy RW, Ehleringger JR, Mooney HA and Rundel PW. 1989. Plant Physiological Ecology, Field Methods and Instrumentation. Chapman and Hall. London.

Santoso B dan Misto, 1995. Pengaruh Tingkat Naungan Terhadap Pertumbuhan Anakan Eboni (Diospyros celebica Bakh) di HTI PT. Inhutani Gowa-Maros. Jurnal Penelitian Kehutanan. IX (3). Balai Penelitian Kehutanan Ujung Pandang.

Santoso B dan Sumardjito Z. 1991. Pengaruh Pembebasan Secara Mekanis Terhadap Pertumbuhan Anakan Eboni (Diospyros celebica Bakh) di Hutan Pdnda-Ponda, Mangkutana Sul-Sel. Jurnal Penelitian Kehutanan V (1). Balai Penelitian Kehutanan Ujung Pandang.

Seran D, Lempang M, Allo MK, Sumardjito Z, Paembonan S dan Ginoga B. 1988. Aspek Ekologi Eboni di Cagar Alam Kalaena Kab.Luwu Prop. Sul- Sel. Jurnal Penelitian Kehutanan II (1). Balai Penelitian Kehutanan Ujung Pandang.

Seran D, Santoso B dan Ginoga B. 1990. Pertumbuhan Anakan Eboni di Cagar Alam Kalaena, Kab. Luwu Propinsi Sul-Sel. Jurnal Penelitian Kehutanan IV (2). Balai Penelitian Kehutanan, Ujung Pandang.

Seran D, Lande L dan Tiku-Pasang H. 1992. Pertumbuhan Tanaman Eboni Pada Berbagai Tingkat Naungan di Bawah Hutan Alam di Karaenta, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Jurnal Penelitian Kehutanan VI (1). Balai Penelitian Kehutanan Ujung Pandang.

Sutisna M. 1993. Rekayasa Pembinaan Tegakan Hutan Alam. Prosiding Lokakarya Pembinaan Hutan Tropik Lembab. Kerjasama Departemen Kehutanan, Fakultas Kehutanan - Institut Pertanian Bogor dan Universitas Mulawarman.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.