STATUS DAN STRATEGI PEMULIAAN POHON EBONI (Diospyros celebica Bakh.)

Budi Santoso

Abstract

Sejak tahun 1990 eboni telah dinyatakan sebagai jenis kayu yang terkena larangan tebang dan dilindungi.Sebagai tindak lanjut, peraturan itu diberlakukan pada Hak Pengusahaan Hutan agar tidak lagi menebang pohon secara serampangan serta mewajibkan penanaman pada areal-areal bekas tebangan.Semakin terbatasnya pohon eboni di hutan alam dikhawatirkan basis genetika dari jenis ini akan menyempit, sehingga menyulitkan pekerjaan pemuliaannya. Kegiatan pemuliaan tanaman eboni masih sangat terbatas.Balai Penelitian Kehutanan Ujung Pandang merintis dengan melakukan konservasi ex-situ_eboni dan uji keturunan.Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada melakukan penelitian uji keturunan dan uji provenansi.Di Sulawesi Tengah sebagai pusat eboni, kegiatan pemuliaan tanaman ini baru dilakukan pada tahap awal dengan kegiatan pemilihan pohon induk. Agar program pemuliaan pohon eboni dapat terarah dengan baik, sehingga tujuan dari program pemuliaan yang diinginkan dapat tercapai diperlukan strategi pemuliaan yang benar.Untuk mengelola program pemuliaan dengan kendala waktu dan sumber daya yang tersedia diperlukan suatu system yang efisien dan yang memperhatikan berbagai kepentingan.

Keywords

eboni, Diospyros celebica, pemuliaan.

Full Text:

PDF

References

Anonimus, 1997. Laporan Penunjukan Pohon Plus Jenis Eboni (Diospyros celebica Bakh). Fakultas Pertanian Universitas Tadulako dan PT INHUTANI II. Tidak diterbitkan.

Hardianto EB. 1994. Pemuliaan Pohon II. Bahan Kuliah. Program Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Tidak diterbitkan.

Hardianto FB. 1999. Genetik dan Strategi Pemuliaan Acacia manginum. Seminar Nasional Status Silvikultur 1999. Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Niklas FG and Griffin AR. 1992. Breeding Hybrids of Forest Trees: Definition, Theory, Some Practical Examples and Guidelines on Strategy with Tropical Acacias. In Breeding Technology for Tropical Acacias. Carron LT and Aken (eds.). ACIAR Proceedings No. 37, 101 - 111.

Soeseno OH dan Na'iem M. 1995. Tanaman Murbey di Kehutanan Indonesia, Makalah Seminar Nasional Persuteraan Alam. Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.