EFISIENSI PEMANFAATAN RENDEMEN KAYU DAN DEGRADASI POTENSI TEGAKAN EBONI DI HUTAN ALAM

Soenarno Soenarno
| Abstract views: 409 | PDF views: 812

Abstract

Sampai sekarang kayu eboni {Diospyros celebica Bakh.)masih tetap diminati banyak kalangan, baik di dalam negeri maupun luar negeri.Jenis kayu ini merupakan tanatnan khas Sulawesi dengan kualitas sangat baik.Karena struktur garis serat dan warna kayu teras yang indah serta sifat kayunya yang awet maka menjadikan kayu eboni bernilai komersial tinggi.Di lain pihak, keberadaan kayu eboni alam tersebut yang dahulu merupakan tulang punggung perekonomian masyarakat di sekitar kawasan hutan, bahkan dijadikan komoditas andalan sektor kehutanan untuk menghasilkan devisa negara.Tetapi, kini kondisi eboni alam dirasakan makin memprihatinkan.Hal tersebut diindikasikan oleh makin sulit/langkanya ditemukan kayu eboni di pasar bebas.Banyak faktor penyebab makin merosotnya potensi eboni alam, di antaranya adalah faktor teknis berupa borosnya tingkat efisiensi pemanfaatan dan rendahnya rendemen kayu teras yang terkandung pada pohon eboni yang ditebang serta faktor non teknis yang berkaitan dengan implementasi kebijakan, penebangan ilegal,lemahnya pengawasan dan rendahnya kesadaran serta dukungan penelitian yang tidak memadai.

Keywords

eboni, Diospyros celebica. potensi, rendemen.

Full Text:

PDF

References

Departemen Kehutanan, 1993. Petunjuk Teknis Sistem Silvikullur Tebang Pilih Tanam Indonesia. Direktorat Jenderal Pengusahaan Hutan. Departemen Kehutanan. Jakarta.

Dulsalam, Sukanda dan Sumantri I. 1989. Kerusakan Tegakan Tinggal Akibat Penya-radan Dengan Sistem Traktor Pada Berbagai Tingkat Kerapatan Tegakan. Jurnal Penelitian Hasil Hutan 6 (6). Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan. Bogor.

Ediwiyoto B. 1968. Masalah Regenerasi Hutan Kayu Eboni (Diospyros celebica Bakh.) di Sulawesi Selatan. Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Nicholson DI. 1958. An Analysis of Logging Damage in Tropical Rain Forest. North Borneo - Malasian Forestry. Malaysia.

Sastrodimedjo SR dan Simarmata SR 1978. Limbah Eksploitasi pada Beberapa Pengusa-haan Hutan di Indonesia. Lembaga Penelitian Hasil Hutan. Bogor

Sallata MK, Seran D dan Ginoga B. 1989. Tinjauan Ekologis Kayu Eboni (Diospyros celebica Bakh.). Prosiding Hasil Penelitian Silvikultur Jenis Hutan Tanaman Industri. Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan. Jakarta.

Soenarno, 1996. Degradasi Potensi Kayu Eboni (Diospyros celebica Bakh) di Sulawesi Tengah dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Eboni. Balai Penelitian Kehutanan Ujung Pandang. Ujung Pandang.

Soenarno, 1998. Penerapan Teknik Penebangan Sistem TPTI dan Dampaknya Pada Penyimpangan Arah Rebah Serta Kerusakan Tegakan Tinggal. Buletin Balai Penelitian Kehutanan Ujung Pandang 3 (2).

Soenarno, Lempang M dan Zainuddin, 2000. Kajian Efisiensi Pemanfaatan Kayu Eboni di Sulawesi. Laporan Proyek. Balai Penelitian Kehutanan Ujung Pandang. Makassar. Tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.