PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG AYAM TERHADAP PERTUMBUHAN ANAKAN EBONI (Diospyros celebica Bakh.) DIPERSEMAIAN

VVirianto Rahman, Budirman Bachtiar
| Abstract views: 97 | PDF views: 185

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis pupuk kandang ayam dan asal anakan agar bibit eboni tumbuh dengan baik.Rancangan penelitian ini adalah Rancangan Petak Terpisah dengan asal anakan (alam dan persemaian) sebagai petak utama dan lima taraf pupuk kandang sebagai anak petak.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pertambahan tinggi serta pertambahan diameter batang anakan asal alam lebih baik dari pada anakan persemaian. Hal ini diduga adanya pengaruh positif dari mikoriza pada anakan yang berasal dari alam.Perlakuan pemupukan mempunyai pengaruh nyata terhadap pertambahan tinggi dan jumlah daun anakan, tetapi tidak menunjukkan pengaruh nyata terhadap pertambahan diameter anakan eboni.Terdapat interaksi nyata antara asal anakan dengan perlakuan pemupukan terhadap pertambahan tinggi anakan dan tidak berpengaruh nyata terhadap perkembangan diameter batang dan pertambahan jumlah daun.

Keywords

eboni, Diospyros celebica, pupuk kandang ayam, asal anakan.

Full Text:

PDF

References

Aak, 1986. Dasar-dasar Bercocok Tanam. Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Anonim, 1987. Informasi Singkat Mengenai Proyek Pembangunan Hutan Tanaman Industri Gowa, Maros, Sulawesi Selatan. PT INHUTANI1 Persero.

Biri M. 1988. Pengaruh Pemberian Pupuk Kandang dan Ketebalan Mulsa Terhadap Pertumbuhan Anakan Jambu Mete pada Lahan Kritis di Kawasan Proyek PLTA Bakaru. Thesis Jurusan Kehutanan. Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin. Ujung Pandang.

Djiun H. 1981. Sihikultur Spesies. Balai Latihan Kehutanan Ujung Pandang, Ujung Pandang.

Gautama 1.1989. Pengaruh Pemberian Kombinasi Pupuk Kandang dan Nitrogen Terhadap Pertumbuhan Tanaman Lantoro Gung (Leucaena leucocephala) di Lapangan. Thesis Jurusan Kehutanan. Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin, Ujung Pandang.

Lingga P. 1988. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penebar Swadaya, Jakarta.

Poerwowidodo, 1993. Telaah Kesuburan Tanah. Angkasa. Bandung. Rinsema WT. 1986. Pupuk dan Cara Pemupukan. Bharata Karya Aksara. Jakarta.

Rukmini, 1985. Pengaruh Naungan, Pupuk TSP dan Pupuk Urea Terhadap Pertumbuhan Bibit Tanjung (Mimosops elengi) di Pembibitan. Thesis Jurusan Kehutanan. Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Hasanuddin, Ujung Pandang.

Setyamidjaja D. 1986. Pupuk dan Pemupukan. Simpleks. Jakarta.

Soegiman, 1982. limit Tanah. Bharata Aksara. Jakarta.

Soeparto SA. 1979. Berbagai Cara Pemupukan. Bayu Aksara. Jakarta.

Soerianegara I. 1967. Beberapa Keterangan Tentang Djenis-djenis Pohon Eboni Indonesia. Pengumuman No. 12. Lembaga Penelitian Hutan Bogor.

Sosroedirdjo RS dan Rifai TB. 1987. Ilmu Memupuk. Yasaguna. Jakarta.

Sriandani, 1991. Fisiologi Lingkungan Tanaman. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Suriatna S. 1988. Pupuk dan Pemupukan. Melton Putra. Jakarta.

Susilo, 1991. Fisiologi Tanaman. Universitas Indonesia. Jakarta.

Sutejo MM dan Kartasapoetra AG. 1988. Pupuk dan Cara Pemupukan. Bina Aksara, Jakarta.

Tantra IGM. 1980. Flora Pohon Indonesia. Lembaga Penelitian Hutan. Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.