PEMBUDIDAYAAN POHON EBONI (Diospyros celebica Bakh.)

Budi Santoso, Chairil Anwar, Sahara Nompo
| Abstract views: 1779 | PDF views: 1485

Abstract

Besamya tingkat kerusakan tegakan eboni akibat eksploitasi hutan, kelihatannya makin diperburuk dengan kurang dilaksanakannya kegiatan penanaman kembali eboni di lapangan.Seandainya HPH telah melakukan upaya penanaman kembali pohon eboni, diperkirakan tingkat keberhasilannya masih sangat rendah atau mungkin belum sepadan antara luas areal yang ditanami dengan luasan areal bekas tebangan.Cara pembudidayaan tanaman menjadi sangat penting dalam pengusahaan pohon eboni ini. Penanaman pohon eboni tidak jauh berbeda dengan tanaman tropis lainnya. Saat ini kendala yang dihadapi dan perlu mendapat perhatian adalah belum dikuasai bagaimana teknologi benih, pengadaan bibit berkualitas serta apa hama penyakit pada eboni.Disajikan bagaimana pembudidayaan eboni secara praktis berdasarkan hasil penelitian, pengalaman dan pustaka pendukung, dan diharapkan dapat menambah informasi bagi praktisi lapangan atau pihak-pihak yang membutuhkan, sehingga keberhasilan penanaman eboni lebih terjamin.

Full Text:

PDF

References

AIlo MK dan Sallata MK. 1991. Pengaruh Lama dan Tempat Penyimpanan Terhadap Perkecambahan Eboni. Jurnal Penelitian Kehutanan, Balai Penelitian Kehutanan Ujung Pandang.

Sallata MK dan Renden R. 1991. Pengaruh Lama Penyimpanan dan Jumlah Daun Terhadap Pertumbuhan Anakan Eboni. Jurnal Penelitian Kehutanan, Balai Penelitian Kehutanan Ujung Pandang.

Santoso B dan Misto, 1995. Pengaruh Tingkat Naungan Terhadap Pertumbuhan Anakan Eboni di Lapangan. Jurnal Penelitian Kehutanan, Balai Penelitian Kehutanan Ujung Pandang.

Santoso B. 1997. Pedoman Teknis Budidaya Eboni (Diospyros celebica Bakh.) Balai Penelitian Kehutanan Ujung Pandang.

Soenarno, 1996. Degradasi Potensi Kayu Eboni (Diospyros celebica Bakh.) di Sulawesi Tengah dan Faktor-Faktor yang mempenga-ruhinya. Eboni. Balai Penelitian Kehutanan Ujung Pandang.

Soerianegara I. 1967. Beberapa Keterangan Tentang Djenis-djenis Pohon Eboni. Pengu-muman No. 12. Lembaga Penelitian, Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.