POTENSI SUMBERDAYA AIR PROPINSI NTT SEBAGAI PENUNJANG PENGEMBANGAN KAWASAN CENDANA

MR Djuwansah, EPU tomo, TP Sastramihardja N
| Abstract views: 1975 | PDF views: 999

Abstract

Kelayakan budidaya cendana (Santalum album L) di Propinsi NTT dibahas dari sisi sumberdaya air. Propinsi NTT merupakan daerah dengan iklim kering dibandingkan dengan propinsi lain di Indonesia. Di Propinsi ini terdapat daerah-daerah yang memiliki neraca air tahunan defisit. Daerah-daerah dengan potensi sumberdaya air yang memadai sangat terbatas. Potensi air tanah relatif sedikit dan mahal sehingga eksploitasinya hanya akan menguntungkan apabila komoditi yang diusahakan memiliki nilai ekonomis tinggi. Cendana merupakan salah satu alternatif karena (1) merupakan tumbuhan endemik daerah NTT, (2) toleran terhadap iklim kering dan (3) memiliki nilai ekonomis tinggi. Cendana laik dikembangkan secara estate di Propinsi NTT pada daerah beriklim kering yang terletak di tepi sungai atau sekitar mata air yang kontinyu, sekitar embung atau diairi oleh air tanah.

Keywords

Sumberdaya air, air tanah, potensi, kelaikan sumberdaya air, budidaya cendana, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Full Text:

PDF

References

Amareko S, 1986. Agro-Ekosistem Daerah Kering di Nusa Tenggara Timur: Studi Kasus di Enam Desa Pengembangan Pertanian. Kelompok Penelitian Agro-Ekosistem (KEPAS) - Badan Litbang Pertanian Departeman Pertanian.

Anonim, 1997. Sekilas Pengelolaan Cendana di Propinsi Nusa Tenggara Timur. Pemerintah Propinsi Daerah Tingkat I NTT - Dinas Kehutanan. Kupang.

Anonim, 1998. Laporan Inventarisasi Cendana di Pulau Timor. Pemerintah Propinsi Daerah Tingkat I NTT - Dinas Kehutanan. Kupang.

Arsady EM dan Gaol KL. 1995. Studi Air Tanah Dalam di Daerah Hambapraing, Sumba Timur. Prosiding Hasil-Hasil Penelitian Puslitbang Geoteknologi-LIPI.

Barret DR, 1986. Santalum album (Indian Sandalwood): Literature Review. Curtin University of Technology - Mulga Research Centre, Western Australia Institute of Technology, Bentley, WA 6102.

Djuwansah M dan Suherman D. 1996. Studi Pemanfaatan Lahan Kering di Pulau Sumba. Prosiding Hasil-Hasil Penelitian Puslitbang Geoteknologi-LIPI.

Patty EJ, 1983. The Geohydrological Map of Indonesia, Scale I: WOO 000. Ministry of Mining, Directorate of Environmental Geology.

Sule A dan Delinom RM. 1989. Potensi Sumberdaya Air dan Tanah di Sumba Timur. Laporan Penelitian Proyek Litbang Sumberdaya Air dan Tanah. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geoteknologi-LIPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.