UPAYA MEMPERLUAS KAWASAN EKONOMIS CENDANA DINUSA TENGGARA TIMUR

Sundoro Darmokusumo, Alexander Armin Nugroho, Edward Umbu Botu, Alfons Jehamat, Matheos Benggu
| Abstract views: 514 | PDF views: 578

Abstract

Walaupun cendana (Santalum album L.) pada masa lalu merupakan komoditi yang memiliki peran ekonomi bagi PAD (Pendapatan Asli Daerah), namun ironisnya populasi tanaman tersebut di daerah sebaran alaminya (NTT) mengalami penurunan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Bahkan dilaporkan bahwa komoditi ini sejak tahun anggaran 2000 tidak lagi memberikan sumbangan terhadap PAD. Upaya pemulihan potensi komoditas ini telah dilakukan oleh Dinas Kehutanan Propinsi NTT melalui berbagai kegiatan seperti pembibitan,penanaman, pemeliharaan dan pengamanan, meskipun hasilnya belum menggembirakan. Untuk itu upaya lain yang juga diusahakan adalah dengan memperluas kawasan ekonomis cendana, dengan merubah perlakuan konvensional menjadi intensifikasi dalam budidayanya.

Keywords

Cendana (Santalum album L.), PAD, pengelolaan, pelestarian, pemulihan potensi, perluasan kawasan ekonomis.

Full Text:

PDF

References

BIPHUT Wilayah VIII Denpasar. 1999a. Laporan Inventarisasi Potensi Cendana di Kawasan Hutan Lindung dan Hutan Produksi Kelompok Hutan Muds Timau (RTK 183) Kabupaten Daerah Tingkat II Timor Tengah Selatan, Propinsi Daerah Tingkat I Nusa Tenggara Timur. Denpasar.

b. Laporan Inventarisasi Potensi Cendana di Kawasan Hutan Lindung dan Hutan Produksi Kelompok Hutan Bifemnasi (RTK 184) Wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II Timor Tengah Utara Propinsi Daerah Tingkat I Nusa Tenggara Timur. Denpasar.

c. Laporan Inventarisasi Potensi Cendana di Kawasan Hutan Lindung Kelompok Hutan Lakaan Mandeu (RTK 187) Kabupaten Daerah Tingkat II Belu Propinsi Daerah Tingkat I Nusa Tenggara Timur. Denpasar. Dinas Kehutanan Propinsi NTT. 1998a. Laporan Inventarisasi Cendana (Santalum album L.) di Pulau Timor Tahun Anggaran 1997/1998. Kupang.

b. Laporan Tahun an Dinas Kehutanan Propinsi NTT Tahun 1998/1999. Kupang.

Surata IK dan M Sinaga. 1995. Perkembangan Penelitian Teknik Silvikultur Hutan Tanaman Cendana (Santalum album L.). Balai Penelitian Kehutanan, Kupang. 51


Refbacks

  • There are currently no refbacks.