PEMASARAN PRODUK MINYAK CENDANA (Santalum album L.): REALITA, TANTANGAN DAN HARAPAN

Hartono Hartono
| Abstract views: 846 | PDF views: 1170

Abstract

Salah satu komponen utama masalah tanaman cendana (Santalum album L.) sebagai komoditi perdagangan adalah pemasaran terhadap produk yang diperoleh terutama ekstrak minyaknya. PT Tropical Oil, Kupang, Timor, NTT merupakan suatu perusahaan industri minyak cendana yang selama ini melakukan ekstraksi minyak tanaman cendana menggunakan bahan mentah dari NTT. Makalah ini membahas pandangan pengusaha mengenai jangkauan pasar yang telah dicapai, kecenderungan pasar terhadap produk minyak cendana baik segi kuantitas maupun kualitas, terutama kandungan santalol sebagai komponen mutlak dalam minyak cendana.Berbagai harapan disampaikan,disertai kendala-kendala ketersediaan bahan baku dan pasar(terutama internasional) yang dihadapi seorang pengusaha mulai dari produksi hingga pemasaran dan sumbangsaran demi keberlangsungan produksi dan pemasaran minyak cendana yang telah memiliki segmen pasar tersendiri yang cukup luas.

Keywords

Minyak cendana, santalol, pemasaran, kuantitas/kualitas, bahan baku, kendala.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.